Tuesday, August 7, 2012

Paypal: Sudah Daftar Belum?



  Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
Dua tahun lalu saya sudah  menulis tentang paypal dan pentingnya alat pembayaran ini bagi masa depan bisnis online di dunia dan tentu saja termasuk Indonesia di dalamnya. Dan saya termasuk sedikit dari sekian orang Indonesia yang berhasil memverifikasi akun paypal saya dengan bank lokal waktu itu. Saat itu prosesnya sederhana sekali, kita hanya perlu ngasi nomer rekening bank kita, lalu 2-4 hari kemudian akan masuk uang sejumlah 2 digit ke rekening bank kita yang dikirim oleh paypal, lalu kita konfirmasi ke paypal jumlah yang kita terima tersebut, finish dan akun paypal kita Verified selamanya. Ingat hanya dengan akun yang verified kita bisa mengirim dan menerima uang ke dan dari akun paypal lain tanpa batas, dan yang terpenting dengan akun verified kita bisa menarik uang kita di paypal ke rekening bank lokal kita di Indonesia. Saya sendiri sampai saat ini sudah menarik uang dari akun paypal ke bank BCA saya lima atau enam kali dengan jumlah bervariasi. Terkhir 2 kali sejumlah USD 100.

Saat ini fasilitas verifikasi dengan bank lokal ditiadakan oleh paypal, jadi anda harus punya kartu kredit atau Virtual Credit Card (VCC) untuk mendapat status akun yang verified. Sebenarnya kenapa akun paypal harus diverifikasi dengan Credit Card? Jawabannya adalah bahwa sejarah lahirnya paypal ini memang untuk menjembatani penggunaan credit card antara penjual dan pembeli di internet. Pada era awal 90-an untuk berbelanja di internet anda harus memberikan nomor credit card anda kepada penjual tempat anda membeli barang. Jika anda membeli 10 barang di 10 toko online berbeda maka berarti anda harus share informasi kartu kredit anda kepada 10 toko online tadi. Selain tidak praktis cara ini tentu saja beresiko terhadap keamanan credit card anda. Nah dengan membuka rekening paypal anda hanya perlu share informasi kartu kredit anda kepada paypal. Selanjutnya setiap anda bertransaksi jual-beli anda tidak perlu lagi share informasi kartu kredit ke toko online atau rekan anda. Tentu saja toko atau individu yang bertransaksi dengan anda juga pengguna paypal.

Kalau begitu kan sama saja, siapa yang menjamin dengan share info kartu kredit kita ke paypal kita aman? Bisa jadi kan paypal mencurangi kita? Kalau anda tanya gitu saya no comment. Loh! Ya iya mau ngomong apalagi. Di internet ini apa yang bisa kita percaya? Siapa yang menjamin kemanan diri kita? Ga ada kecuali diri kita sendiri. Maka kuncinya adalah gunakan segenap kecerdasan dan akal sehat anda. Pakai logika meski jangan juga mendewakannya, tetap waspada. Sejauh ini menurut saya menggunakan paypal 99% aman. Saya cuma menyisakan 1% resiko ketidakamanan karena 
1. Saya sudah memakainya 2 tahun lebih
2. Paypal merupakan badan usaha dan berbadan hukum di Amerika, negara dengan regulasi transaksi elektronik yang paling ketat. 
3. Diterima di 190 negara.
4. Saat ini bisa menerima dan menggunakan 24 mata uang dunia. Rupiah belum termasuk di dalamnya sehingga kita orang Indonesia biasanya memakai currency dollar amerika, meski begitu kalau kita menarik uang ke rekening kita akan ototmatis terkonversi kedalam nilai rupiah.

sambung kapan-kapan gan.. capek

2 comments:

  1. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete