Wednesday, October 3, 2012

12 Negara Kepulaun Terkecil di Dunia

Sebenarnya jika diurutkan negara berdaulat terkecil di dunia dimulai dengan Vatikan diurutan pertama dan Monaco diurutan kedua. Namun disini saya hanya ingin menampilkan list negara berdaulat terkecil yang berbentuk kepualauan saja. Saya tertarik menulis ini setelah beberapa hari lalu sebuah portal berita menulis bahwa Indonesia baru saja menjajaki hubungan diplomatik dengan negara Tuvalu. Negara kepulauan yang hanya seluas 26 km2 dan berpenduduk 11.500 jiwa (sensus 2006). Saya lantas mencari di google maps letak negara tersebut dan subhanallah ternyata terletak di tengah Samudra Pasifik nan luas di timur laut Papua. Selanjutnya silakan simak list berikut:
1. Nauru
Nauru memiliki luas wilayah 21 km2, berada di Samudra Pasifik tepat disebelah selatan garis khatulistiwa. Dulunya adalah sebuah koloni Jerman hingga setelah Perang Dunia 1 negara tersebut dibawah perwalian PBB dan secara bersama dikelola oleh New Zealand, Australia dan Inggris. Pada Perang Dunia kedua pulau ini diduduki Jepang hingga PD 2 berakhir. Pada 1968 Nauru mendeklarasikan diri sebagai negara merdeka berbentuk Republik. Berdasar sensus 2009 penduduk Nauru berjumlah 14.014 jiwa.
2. Tuvalu
Ini adalah negara yang Indonesia mulai menjajaki kerjasama diplomatik terutama akan menjalin kerjasama bidang ekonomi dan pendidikan. Dulunya dikenal sebagai kepulauan Ellice, merupakan negara kepulauan yang terletak diantara Hawai dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi dari 114 pulau yang membentuk negara ini hanya 5 meter dari permukaan laut. Kalau ada tsunami gimana ya? ho.. Meski kecil negara kepulauan ini memiliki bandara internasional yang bernama Funafatu Atol.
3. Republik Kepulauan Marshal
Negara dengan luas 181 km2 dan berpenduduk 62.000 jiwa ini mula-mula ditemukan oleh penjelajah Spanyol Alonso de Salazar. Namun pulau ini diberi nama setelah Kapten Inggris John Marshall mengunjunginya pada tahun 1788. Kepualauan ini kemudian dikuasai Jerman hingga PD1 lalu Jepang hingga PD2 dan Amerika setelah PD2. Republik Marshall baru berdaulat tahun 1986.
4. Federasi Saint Kitts dan Nevis (juga dikenal dengan Federasi Saint Christopher dan Nevis)
Terletak di kepulauan Leeward, Karibia, merupakan negara Federal dua pulau di hindia Barat. Luas wilayahnya 261 km2 dengan jumlah penduduk 42.696 jiwa. Selama abad 17 hingga 18 secara silih berganti pulau itu dikuasai Inggris dan Perancis. St Kitts dan Nevis menyatakan kemerdekaanya pada tahun 1983.
5. Republik Seychelles
Terletak di Samudera Hindia, berjarak 1.600 km sebelah timur daratan Afrika dan Madagaskar. Memiliki luas wilayah 455 km2 dengan jumlah penduduk terakhir 81.755 jiwa. Menyatakan kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1976.
6. Maldives
Republik Maladewa mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1965, merupakan negeri kecil di Samudra Hindia yang terdiri dari rangkaian 26 atol seluas 90 km2. Ibukota Maladewa adalah Male, jumlah penduduk 103.693 (sensus 2006) dengan pulau-pulau lainnya yang berjumlah 1.192 pulau rata-rata dihuni 200-an orang.
Di dunia Maldives berada di urutan 10 negara terkecil. Tinggi rata-rata pulaunnya hanya 1,5 meter dari permukaan laut. Ngeri ya.
7. Malta
Luas 122 miles persegi. Merdeka dari Inggris tahun 1964 namun baru benar-benar diserahkan tahun 1979. Populasi penduduk 400.000 jiwa.
8. Grenada
Luas 133 mile persegi, berada di Laut karibia, populasi 90.000 jiwa, merdeka dari Inggris 1974.
9.Sain Vincent dan Grenadines

Luas 150 mil persegi, jumlah penduduk 117.000 jiwa, merdeka dari Inggris 1979.
10. Barbados
Luas 166 mil persegi, populasi 280.000 jiwa, merdeka dari Inggris 1966
11. Antigua dan Barbuda
Luas 171 mil persegi, populasi 69.000 jiwa, merdeka dari Inggris 1981
12. Palau
Luas 458 km2, merdeka 1994.

Saya tidak tahu apakah Indonesia menjalin kerjasama diplomatik dengan semua negara diatas. Tapi rasanya asyik juga misalnya jadi dubes di negara-negara kecil kayak gitu ya. Hmm








5 comments:

  1. Kadang saya itu heran... bagaimana neraga tersebut dapat mencukupi kebutuhan ekonomi penduduknya yaaa.........

    ReplyDelete
  2. kts-solusi.blogspot.com
    Maha Besar Allah lagi Maha Pemberi Rezeki
    dimanapun bumi dipijak disitu ada rezeki
    buktinya walau pulau kecil tapi tetap ada penduduknya dan tidak kelaparan selama berpuluh abad

    ReplyDelete
  3. kts-solusi.blogspot.com
    Maha Besar Allah lagi Maha Pemberi Rezeki
    dimanapun bumi dipijak disitu ada rezeki
    buktinya walau pulau kecil tapi tetap ada penduduknya dan tidak kelaparan selama berpuluh abad

    ReplyDelete
  4. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete