Monday, April 12, 2010

Hukum Mati Koruptor Kenapa Tidak?

Tahukah anda berapa banyak uang Rp.6,7 T itu? 

Manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menginterpretasi angka-angka. Anda barangkali tahu 6,7 T itu kalau ditulis dengan angka sama dengan Rp.6.700.000.000.000 atau enam ribu tujuh ratus milyar rupiah. Tapi dapatkah anda benar-benar membayangkan secara utuh uang sebanyak itu sebenarnya sebanyak apa? Saya teringat pada sebuah kunjungan SBY di daerah timur Indonesia, SBY sempat menjadi guru "dadakan" pada sebuah SD, kemudian saat menjelaskan luas wilayah hutan Indonesia SBY menyebutkan bahwa luas hutan Indonesia itu sekian kali luas lapangan bola (saya lupa..hehe). Saya yakin anak-anak SD yang saat itu mendengarkan penjelasan SBY pada dasarnya juga masih susah membayangkan betapa luasnya hutan kita, tapi setidak-tidaknya mereka kebayang luas lapangan bola sehingga setidak-tidaknya mereka bisa menyimpulkan hutan kita luas banget. Coba kalau SBY menjelaskan luas hutan kita 1 juta km persegi atau sekian hektar, saya yakin mereka hanya bengong.

Oleh sebab itu marilah kita hitung bersama (semacam pengandaian) berapa tepatnya uang 6,7 T itu dengan mencoba menghitung apa yang bisa kita lakukan dengan uang sebanyak itu. Dalam perhitungan kali ini juga perlu kita ekuivalenkan bahwa Rp.6,7 T =728.260.869,6 USD (dengan asumsi 1 USD=Rp.9.200)


1. Jika uang sebanyak itu untuk operasi katarak

Biaya operasi katarak berkisar 6 juta hingga 10 juta rupiah. Jika kita ambil asumsi maksimal yaitu 10 juta rupiah maka 6,7 T rupiah bisa digunakan untuk mengoperasi 670.000 orang. Atau hampir separuh dari jumlah penderita katarak Indonesia yang mencapai 1,5 juta jiwa (Sumber). Banyak ya..


2. Jika digunakan untuk membangun gedung SD
Kita semua tentu tahu sejumlah gedung sekolah di Indonesia 5 tahun belakangan ini banyak yang roboh baik karena uzur maupun bencana alam.Jika diasumsikan untuk membangun 1 sekolah SD baru perlu dana 1 M rupiah maka uang 6,7 T rupiah bisa membuat 6.700 sekolah baru... Ini lebih dari cukup dibanding sekolah rusak di Indonesia


3. Jika digunakan untuk membeli emas 
Berdasarkan sumber saat tulisan ini dibuat harga emas Rp.341.000/gram (harga beli untuk emas lebih dari 1000 gram)... Maka dengan uang 6,7 T kita bisa membeli emas sebanyak 19.648,09 kg...lebih dari 19 Ton..taruh dimana ya..


4. Jika uang itu ditumpuk..
Dengan pecahan Rp.100.000 jika uang 6,7 T rupiah ditumpuk vertikal akan menjulang setinggi 670 km..(dengan asumsi 1 lembar tembalnya 1 mm)

3 comments:

  1. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete