Saturday, December 12, 2009

Kerja Keras Pertamina "Seteguh Karang Pada Angkuh Lautan"

Apa yang terlintas di benak anda kala mendengar kata "PERTAMINA"? Mungkin ada yang langsung teringat bensin (premium),solar(diesel),pertamax, pertamax plus atau seperti Pretty Asmara yang saat ditanya wartawan Warta Pertamina (WP) menjawab dengan enteng "Pertamina ya Pom Bensin, iya Pertamina itu Pom Bensin" selorohnya ringan. 

Pertamina barangkali memang identik dengan SPBU atau lebih populer dengan sebutan Pom Bensin di masyarakat kita. Tentu saja karena interaksi yang paling sering berkaitan dengan Pertamina adalah mengisi BBM di Pom Bensin, apakah itu premium atau solar. Jika tidak secara khusus mengunjungi situsnya di Pertamina.com atau membaca-baca berita tentang Pertamina dari koran atau majalah kita tidak akan tahu banyak tentang Pertamina.

TRANSFORMASI PERTAMINA

Salah satu perusahaan BUMN yang secara kasat mata sedang dan terus berbenah serta mempercantik diri baik secara citra maupun kinerja pada internal organisasinya adalah PT. Pertamnia (Persero). Perusahaan minyak yang telah berumur setengah abad lebih dua tahun ini sedang bertransformasi menjadi perusahaan minyak dunia dan siap menantang raksasa minyak sekelas Exxon atau Chevron sekalipun. Tentu saja ini adalah konsekwensi logis dari perdagangan bebas yang salah satunya menyerahkan harga minyak dalam negeri pada mekanisme pasar dan dicabutnya monopoli Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan minyak yang boleh beroperasi di Indonesia. Apa saja yang telah dilakukan Pertamina menghadapi tantangan global yang tak dapat lagi dibendung ini?

1. Ganti Logo

Pada 10 Desember 2005 menjelang maghrib secara resmi Pertamina telah mengganti logo lamanya (dua Kuda Nil mengapit Bintang Laut) dengan logo baru seperti tampak pada gambar disamping (sekilas mirip huruf P). Jangan dikira pergantian logo ini sederhana dan mudah. Selain menelan biaya yang tidak sedikit (mencapai 2,5 milyar rupiah) spontan juga menuai kritik dan protes yang bertubi-tubi dari berbagai pihak. Media massa beberapa hari sempat hot dengan berita ini, pro kontra pun menjadi headline pada sebagian besar surat kabar. Lebih dari itu penolakan juga datang dari pensiunan karyawan Pertamina sendiri yang bahkan menuntut Widya Purnama (Dirut Pertamina saat itu) untuk mundur. Masyarakat menilai pergantian logo sebagai penghamburan uang ditengah kesulitan masyarakat yang baru saja tergencet kenaikan harga BBM sementara eks karyawan menilai pergantian logo telah menghianati kerja keras mereka puluhan tahun mengenalkan brand kuda laut ke dunia. Lalu apa sebenarnya arti penting pergantian logo? Cuma logo?

Logo baru, huruf P-nya lancip bagaikan panah mengandung arti Pertamina akan melesat ke depan menjadi perusahaan dunia. Huruf P yang terdiri dari tiga potongan bidang itu punya tiga warna. Warna biru melambangkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab. Hijau artinya berwawasan lingkungan. Sedangkan merah melambangkan keuletan, ketegasan, dan keberanian menghadapi kesulitan.

Pertamina mengawali perubahan dengan mengubah logo, sesuatu yang tidak populer saat diputuskan tapi telah dipilih sebagai jalan pertama menghadirkan new spirit bagi perusahaan. Soal pro kontra adalah keniscayaan yang hampir terjadi terhadap semua hal. Kini harus kita akui logo Pertamina yang baru lebih cantik, trendi dan elegant. Lebih siap mendunia dan ga ribet..Nah

2. Membangun Citra Dengan Iklan

Masih ingat iklan ini? Seorang pria yang menolong seseorang yang mobilnya mogok namun dia menolak imbalan, lalu anak si pemilik mobil memberinya boneka dan lelaki itu menghadiahkan boneka tersebut untuk anaknya sesampai di rumah. Setelah melewati pro kontra soal pergantian logo, Pertamina mempercantik citranya dengan bombing iklan sepanjang tahun 2007 dengan tema-tema humanisme yang sangat menyentuh. Beberapa dari kita barangkali sempat menitikkan air mata melihat iklan-iklan Pertamina yang menggambarkan keindahan akan ketulusan, pengorbanan, berbagi, kasih sayang dan tentu saja kerja keras. Luar biasa. Beberapa iklan di bulan Ramadhan misalnya benar-benar menggugah spirit umat Islam. Barangkali kita masih ingat seorang montir yang mau menutup bengkelnya menjelang berbuka namun urung karena ada pria paruh baya datang menuntun sepeda motornya yang mogok. Atau pemuda santun penjaga SPBU yang tetap sabar dan santun menghadapi Pelanggan yang kurang bersahabat, lalu keduanya bertemu kembali di hari raya. Dalam hal ini Pertamina benar-benar telah mencuri hati rakyat Indonesia dan citra Pertamina terbangun dengan baik. Namun seperti sebelumnya saya bilang, pro dan kontra sudah pasti mewarnai. Soal iklan ini juga muncul suara-suara miring mempertanyakan besarnya biaya mengingat durasi yang relatif panjang-panjang. Lagi-lagi Pertamina tetap melaju. Go Pertamina.

3. SPBU (Pertamina) Pasti Pas

Pertengahan 2007 tepatnya tanggal 16 Juni Pertamina meluncurkan program barunya Pertamina Pasti Pas. SPBU Pertamina PASTI PAS! hanya diberikan kepada SPBU yang telah mendapatkan dan dapat mempertahankan audit sertifikasi oleh auditor internasional independen. Untuk mendapatkan sertifikasi PASTI PAS!, SPBU harus lolos audit kepatuhan standard pelayanan yang ditetapkan oleh Pertamina. Audit ini mencangkup standard pelayanan, jaminan kualitas dan kuantitas, kondisi peralatan dan fasilitas, keselarasan format fasilitas, dan penawaran produk dan pelayanan tambahan. Setelah mendapatkan sertifikat PASTI PAS!, SPBU akan tetap diaudit secara rutin.

 Setelah berganti logo dan gencar beriklan inilah langkah nyata perbaikan layanan Pertamina dan dimulai dengan yang paling dekat dengan masyarakat (seperti saya sebut diawal tulisan) yaitu SPBU atau yang populer kita sebut Pom Bensin. SPBU Pertamina Pasti Pas menghadirkan pelayanan baru yang lebih ramah  dan memberi kepuasan dengan layanan dan fitur tambahan gratis seperti air dan udara gratis serta WC yang bersih dan (tentu saja) gratis. Di SPBU Pertamina Pasti Pas kita tak akan bertemu  petugas berpakaian sekenanya, WC kumuh, atau dicurangi soal takaran. Namun dalam pandangan saya beberapa hal dalam pelayanan cuma "hangat-hangat tahi ayam".. Beberapa kali saya menjumpai petugas  SPBU tidak menunjukkan angka nol dan mengucapkan terima kasih. Padahal itu adalah salah satu standard layanan SPBU Pasti Pas.

4. Melangkah Menuju Perusahaan Kelas Dunia

UU No. 22 Tahun 2001 tentang Migas membuat peran "istimewa" Pertamina sebagai pengatur, operator tunggal, dan pengelola sumber alam di Indonesia berakhir. Kini berdasar Undang tersebut Pertamina hanya menjadi pemain biasa yang mesti bersaing dengan perusahaan asing sejenis di Indonesia. Apa langkah Pertamina?

PT Pertamina memasang target untuk menjadi perusahaan terbuka dalam tiga tahun ke depan. Padah tahap awal, Pertamina akan segera menjadi perusahaan terbuka yang tidak tercatat (non listed public company) pada tahun 2010 mendatang. Ini adalah langkah awal sebelum menjadi perusahaan publik yang sebenarnya yang ditarget nanti tahun 2013. Secara berurutan Pertamina mematok target menjadi perusahaan minyak nomor satu di Indonesia pada 2013, nomor satu di Asia Pasifik pada 2018, dan menjadi perusahaan nasional migas (national oil company) kelas dunia pada 2023.

Tentu saja langkah-langkah tersebut perlu kerja keras dan dukungan kita bersama. Kebutuhan bangsa akan bahan bakar sudah seperti kebutuhan tubuh manusia akan darah. Oleh sebab itu kebutuhan bangsa Indonesia akan perusahaan minyak seperti Pertamina mungkin seperti butuhnya kita terhadap jantung yang terus memompakan darah untuk energi kita. Maka semboyan baru Pertamina "Kerja Keras Adalah Energi Kita" sangatlah tepat dan dalam maknanya.  Pertamina mengajak segenap anak bangsa untuk bahu-membahu bekerja keras dengan mengerahkan segala kemampuan dan energi kita agar mampu menjawab tantangan global.

HARAPAN MASYARAKAT

Kerja keras yang telah dilakukan Pertamina menjadi pelajaran berharga bagi kita semua akan pentingnya konsistensi, keteguhan prinsip dan tentu saja kerja keras itu sendiri. Namun apa yang telah dicapai Pertamina saat ini bisa menjadi sia-sia  dan tidak berarti apa-apa serta membuang energi kita secara percuma jika tidak ada kesinambungan dan kontinuitas program serta evaluasi yang terus menerus. Mendengungkan slogan "Kerja Keras Adalah Energi Kita" tidak cukup tanpa menerjemahkan ke dalam aksi nyata dan mengimplementasikan dalam segala lini tata nilai perusahaan.  Berikut ini adalah saya yang (mudah-mudahan) mewakili harapan masyarakat terhadap Pertamina kedepan.

1. Evaluasi Kontinyu Terhadap SPBU Pasti Pas

Ini penting karena tidak ada cara terbaik tetapi selalu ada cara yang lebih baik. Implementasi standardisasi pelayanan harus terus dipantau dan dievaluasi secara kontinyu agar kualitas dan image positif terus terjaga. 

2. Memberi Perhatian Lebih Pada Bio-Fuel

Habisnya bahan bakar fosil adalah kepastian dan hanya soal waktu saja. Seruan hemat energi pada dasarnya hanyalah solusi sementara dan hanya berfungsi menunda masalah yang sebenarnya pasti akan terjadi yaitu krisis energi. Oleh sebab itu Pertamina perlu memberi perhatian lebih pada energi terbarukan (renewable energy) seperti bahan bakar nabati. 

3. MenerapkanGCG

Sebagai The First from Top Ten BUMN, Pertamina akan menjadi rujukan dan referensi keberhasilan dalam menerapkan Good Corporate Governance. Fakta membuktikan bahwa praktik GCG di beberapa perusahaan BUMN maupun swasta telah mendorong perbaikan citra, pengembangan dan peningkatan nilai perusahaan di mata publik. Pada tahun 2002-2003

4. Membuat Blog Contest Lagi

Yang ini tentu saja harapan para blogger semata (ngarep). Namun jika ditilik lebih jauh Blog Contest semacam ini lebih efektif menjaring opini dan masukan daripada menyelenggarakan karya tulis ilmiah misalnya. Dengan blog contest sistem penilaian lebih adil dan transparan karena bukan hanya tim juri yang menilai tapi juga mbah google bahkan pengunjung. 

Akhirnya Selamat Berkarya Pertamina! 
Ganbate Kudasai karena kerja keras adalah energi kita.



28 comments:

  1. mantab sob...

    btw gk ad shoutmix ne???

    da follow neh!!!!

    Regards : PingugOblOg

    ReplyDelete
  2. rinci dan mudah di pahami bro...

    salam dari blogacim.co.cc

    ReplyDelete
  3. the article is very interesting to read, please comment and link through a blog I was on the blog you buddy, the link you have me in it on my blog, exchange link friend..I've follow your cool blog, please follow through, thank you friends, acquaintances greeting awaited presence

    ReplyDelete
  4. a nice article
    Tetap semangat mereformasi diri
    PERTAMINA
    Salam

    ReplyDelete
  5. banyak yang ngeluh kesulitan komen ya..coba kuperbaiki dulu

    ReplyDelete
  6. asik juga postingnya,........analisa bermetode...hiks...btw trims dah liat Modek Bikini-ku...!

    ReplyDelete
  7. komentarnya yang dalem donk.plus kritik atau maki2 juga gpp...hehe

    ReplyDelete
  8. Artikelnya sangat komplit sekali...!! mudah mudahan menang....maju terus...!! Peace

    ReplyDelete
  9. sudah bagus penyampaiannya mas , terima kasih atas kunjungannya , secara tata bahasa sudah bagus , tetapi untuk kaum awam masih sulit dicerna ^^

    ReplyDelete
  10. artikelnya mantap & lengkap sekali klw ikut kontes artikel pasti menang, sayangnya ini kontes seo jd yg menang yg bisa nyalip di lintasan

    ReplyDelete
  11. hai...salam kenal...
    isinya lengkap banget! artikel yang bagus...
    =)

    ReplyDelete
  12. hohoho.. smoga menang kontesnya

    ReplyDelete
  13. Siapa bilang.Kamu gak tau mungkin tingkah pertamina INDON kita ini. Coba tanya sama orang yang punya SPBU pertamina. Saya tau karena punya kenalan manajer SPBU. Tau gak kalau tiap bulan SPBU harus bayar semacam Bonus untuk karyawan PERTAMINA. Kalau gak salah sekita 1 sampe 1,5 juta gt. Tu kan sama ja ma pungutan. Trus PERTAMINA itu emang gak profesional seperti toko kelontong saja. Waktu urus pertamina pastipas itu ada tiga tahap. setiap tahap harga beli bbmnya makin berkurang sampai jadi pasti pas tahap 3. Tapi saking gak profesionalnya pertaminanya ini. Pemberitahuan terhadap perubahan harga tebusan per liternya harganya jadi berapa hanya diberitahukan secara lisan bukan dengan surat resmi. Katanya kecuali kalau udah nembus jadi pasti pas tahap 3 baru ada pemberitahuan secara resmi dengan tulisan. Caranya liat aja angka tebusan waktu maw bayar di bank udah berubah. Bisa aja harganya mereka bikin suka2 dia. Biapun berdasarkan rekening giro pertamina. Palagi kita tau di indonesia korupsi byasanya berjamaah. Kalau per liter aja masuk kantung oknum 5 rupiah kali in aja mereka dapetnya berapa.misalnya 1 tangki bensin 24000liter di kali 5 rupiah jadi 120.000 plus 120.000 untuk nebus solar.jadi sehari 240.000 dapet kaliin aja sebulanjadi rp 7.200.000. INi mungkin hanya asumsi. Wajar orang mikir gt karena pertamina tidak bisa bersikap seperti perusahaan yang profesional yang selalu mengeluarkan tulisan pemberitahuan secara resmi. Tapi ada yang mikir ah gak mungkin. Buktinya kasus seperti ini tidak ada di tv dan tidak ada keluhan dari pengusaha SPBU. YA IYALAH. pengusaha gak berani bisa aja abis dilaporin jatah pembelian bbm untuk spbu merekadipersulit. Dibilang kosonglah atau apalah. Palingan juga oknumnya gak dipecat bisa indonesiakan gak pernah tegas. Palagi merekabiasanya berjamaah, ujung-ujungnya kalau dilaporin pengusha juga yang buntung.GAK USAH MIMPI BISA NGALAHIN SHELL DAN PETRONAS. PADAHAL DULU PETRONAS BELAJAR DARI PERTAMINA. TAPI SAYANGNYA SI KAKAK TAK PERNAH DEWASA DAN SUDAH JAUH DIBELAKANG SANG ADIK. INDONESIA2 SELALU MENGECEWAKAN. GAK PERCAYA DENGAN APA YANG SAYA TULIS! SILAHKAN TANYA PENGUSAHA SPBU

    ReplyDelete
  14. Siapa bilang.Kamu gak tau mungkin tingkah pertamina INDON kita ini. Coba tanya sama orang yang punya SPBU pertamina. Saya tau karena punya kenalan manajer SPBU. Tau gak kalau tiap bulan SPBU harus bayar semacam Bonus untuk karyawan PERTAMINA. Kalau gak salah sekita 1 sampe 1,5 juta gt. Tu kan sama ja ma pungutan. Trus PERTAMINA itu emang gak profesional seperti toko kelontong saja. Waktu urus pertamina pastipas itu ada tiga tahap. setiap tahap harga beli bbmnya makin berkurang sampai jadi pasti pas tahap 3. Tapi saking gak profesionalnya pertaminanya ini. Pemberitahuan terhadap perubahan harga tebusan per liternya harganya jadi berapa hanya diberitahukan secara lisan bukan dengan surat resmi. Katanya kecuali kalau udah nembus jadi pasti pas tahap 3 baru ada pemberitahuan secara resmi dengan tulisan. Caranya liat aja angka tebusan waktu maw bayar di bank udah berubah. Bisa aja harganya mereka bikin suka2 dia. Biapun berdasarkan rekening giro pertamina. Palagi kita tau di indonesia korupsi byasanya berjamaah. Kalau per liter aja masuk kantung oknum 5 rupiah kali in aja mereka dapetnya berapa.misalnya 1 tangki bensin 24000liter di kali 5 rupiah jadi 120.000 plus 120.000 untuk nebus solar.jadi sehari 240.000 dapet kaliin aja sebulanjadi rp 7.200.000. INi mungkin hanya asumsi. Wajar orang mikir gt karena pertamina tidak bisa bersikap seperti perusahaan yang profesional yang selalu mengeluarkan tulisan pemberitahuan secara resmi. Tapi ada yang mikir ah gak mungkin. Buktinya kasus seperti ini tidak ada di tv dan tidak ada keluhan dari pengusaha SPBU. YA IYALAH. pengusaha gak berani bisa aja abis dilaporin jatah pembelian bbm untuk spbu merekadipersulit. Dibilang kosonglah atau apalah. Palingan juga oknumnya gak dipecat bisa indonesiakan gak pernah tegas. Palagi merekabiasanya berjamaah, ujung-ujungnya kalau dilaporin pengusha juga yang buntung.GAK USAH MIMPI BISA NGALAHIN SHELL DAN PETRONAS. PADAHAL DULU PETRONAS BELAJAR DARI PERTAMINA. TAPI SAYANGNYA SI KAKAK TAK PERNAH DEWASA DAN SUDAH JAUH DIBELAKANG SANG ADIK. INDONESIA2 SELALU MENGECEWAKAN. GAK PERCAYA DENGAN APA YANG SAYA TULIS! SILAHKAN TANYA PENGUSAHA SPBU

    ReplyDelete