Thursday, December 10, 2009

Apa Yang Bisa Kita Percaya Dari Bisnis Online? (Tidak Ada)


Apa yang bisa kita percaya dari bisnis olnline?

Bila kita mencari bisnis online di mbah google yang mungkin paling sering kita jumpai adalah formula bisnisnya Joko Susilo dan yang sejenisnya yang intinya itu-itu juga (apa maksudnya ini? hehe) Ya pokoke bangsa begitu lah, sebuah website dengan tampilan content center, diawali dengan huruf cerah atau merah, ada testimoni member yang berhasil, ada screenshot rekening, dan diakhiri dengan join sekarang (yang artinya kirim duit sekarang).. Bosan...

Tapi Tahukah anda bahwa bisnis online memang benar-benar ada. Saya serius menekuni ini berkat buku hadiah dari Jon Feri Nainggolan berjudul "MENGHASILKAN RUPIAH DARI BLOG BERBAHASA INDONESIA". Sebelumnya saya pernah membaca buku mas Eko Wahyu Muchayat berjudul "MERAUP DOLLAR DARI GOOGLE ADSENSE"

Jujur saja saya termasuk terburu-buru untuk menulis artikel ini. Semula saya berencana menulis ini ketika sudah mendapat bukti penghasilan yang bisa saya pamerkan. Tapi dari beberapa diskusi, email dan pesan yang masuk, beberapa teman minta diajari bisnis online saat ini juga. Karena itu saya memberanikan diri menulis ini dengan senjata bahwa saya sudah mempraktekkan bisnis online tersebut. Sudah beberapa rupiah dan dollar terkumpul tapi masih di rekening maya karena jumlahnya belum memenuhi syarat minimal untuk di-withdraw.

Berikut ini adalah cara-cara menghasilkan uang di internet dengan tanpa modal.

1. Pay Per Click atau PPC

PPC adalah program yang membayar para publisher (pemilik web, blog) yang memasang iklan dan iklan tersebut di klik oleh pengunjung situs. Namun tidak sembarang klik dibayar. Klik harus bersifat unik yang artinya berasal dari pengunjung yang unik. (Pusing kan?).. jangan pusing dulu. Memang itu peraturannya. Aturan umum dalam PPC ini adalah kita tidak boleh klik iklan kita sendiri dan jika 1 IP Address klik iklan yang sama maka yang kedua dan seterusnya ga diitung lagi, bahkan bisa dianggap cheat (curang). Ada banyak PPC di dunia ini. Yang terbesar tentu saja Google Adsense. Tidak mudah untuk tembus google adsense, pertama web harus berbahasa Inggris (setidaknya saat didaftarkan), kedua content orisinal (jika copy paste hampir pasti ditolak), ketiga web memiliki pagerank tertentu. Blog saya smiletogether.blogspot.com saya persiapkan untuk tembus google adsense ini.

Tapi tenang saja, saat ini sudah ada PPC lokal yang membayar rata-rata Rp.300/klik. Ada yang mensyaratkan pagerank tertentu semisal PPCINDO tapi ada juga yang tidak, artinya asal punya blog, daftar ke PPC, disetujui, ambil script iklannya, tempel di blog, selesai. Tinggal menaikkan traffic pengunjung dan menunggu hasilnya..

Jadi urutannya

  1. bikin blog
  2. buatlah semenarik mungkin tampilannya, hiasi dengan bermacam widget yang berguna..
  3. Isilah minimal 10 postingan
  4. daftarkan blog ke PPC (saya pakai Kumpulblogger dan AdsenseCamp silakan klik ke tautan tersebut, anda boleh daftar walau belum punya blog)
  5. setelah disetujui, copy scriptnya taruh di blog anda
  6. promosikan blog dengan berbagai cara (promosi offline, tukeran link dll) agar traffic naik
  7. tunggu hasilnya, setelah mencapai jumlah minimum penarikan maka hasilnya akan dikirm ke rekening kita

gampang kan?
Ini memang sepele tapi bagus buat latihan sebelum membidik PPC yang lebih besar yakni google adsense. Sebagai gambaran harga klik iklan di google adsense bervariasi mulai dari 0,5 USD sampai 7 USD..bayangkan sebuah iklan anda di klik dan anda dibayar 7 USD untuk 1 klik itu.. waow..

praktek...praktek..praktek...

2. Paid To Click
Yaitu program dimana anda dibayar untuk melihat iklan.. aneh ya? Ga aneh kalau kita tahu kronologisnya... Bagannnya seperti ini

ADVERTISER===>>PTC===>>MEMBER

ADVERTISER adalah pemasang iklan (pemilik web yang butuh pengunjung) yang membayar kepada PTC sekian rupiah atau dollar /per sekian kunjungan (disebut hit)
PTC membayar MEMBER untuk melihat iklan tersebut sekian rupiah atau dollar per satu kunjungan (antara 5-30 detik).

Apa untungnya bagi advertiser membayar orang hanya untuk mengunjungi situsnya? Untungnya adalah traffic. Pemilik web butuh yang namanya traffic dan pagerank. Untuk apa traffic? Boleh dibilang harga dari sebuah web salah satunya adalah trafficnya.. Semakin tinggi traffic web akan semakin mahal harganya dan semakin banyak yang mau menaruh iklan disana. Itu keuntungan bagi dia sampai mau ngeluarin duit agar orang berkunjung padanya.

PTC saat ini jumlahnya ratusan (mungkin ribuan). Lihat profil saya di facebook ini, lihat pada bagian website. Semua itu adalah program PTC yang saya ikuti.
Sebagai bahan latihan kita langsung saja ke praktek.

  1. klik profil saya, pada bagian website klik https://www.idr-clickit.com/register.php/groby04.html
  2. isi semua kolom kemudian klik continue
  3. setelah sesi pendaftaran sukses (termasuk verifikasi via email) maka sekarang login kembali dengan username dan password yang sudah anda daftarkan.
  4. setelah anda berhasil masuk lihat pada kanan atas halaman terdapat tulisan "Lihat Iklan" dengan bulatan merah berisi angka. angka dalam bulatan merah ini adalah jumlah iklan yang bisa anda kunjungi saat itu. sekarang klik Lihat Iklan
  5. Nah sekarang pada bagian tengah ada list text link dengan tanda bintang di sebelah kiri. Klik text link tersebut. Akan muncul bulatan merah kecil, klik pada bulatan merah tersebut. Akan terbuka satu new tab atau halaman baru.
  6. tunggu iklan tampil sempurna sampai muncul tulisan "Standard advertisement validated! Rp. 50 Telah masuk ke saldo anda." pastikan tulisan ini muncul. jika tidak muncul refresh halaman sampai muncul.
  7. tutup halaman tersebut dan kembali ke halaman utama tadi terus klik iklan berikutnya. INGAT TIDAK BOLEH MELIHAT 2 IKLAN SEKALIGUS atau akun anda akan di baned bahkan di delete.
  8. setelah semua iklan anda kunjungi refresh halaman utama anda. pada kanan atas akan tampil username anda+rupiah yang dah anda peroleh. sedangkan pada bagian tengah tanda bintang tadi berubah menjadi gambar jam..Jika pada tulisan "Lihat Iklan" masih muncul bulatan berisi angka berarti masih ada iklan yang belum anda lihat sempurna atau bisa juga bonus. jika anda online seharian jangan tutup halaman tersebut. sering-sering saja refresh maka seringkali anda dapat iklan bonus. standar member sehari diberi 8-12 iklan tapi jika anda online terus bisa dapat bonus mpe 16.

Ini hanya 1 contoh saja dan dengan mata uang rupiah serta bahasa Indonesia. Jika sudah anda praktekan akan saya ajarkan yang menggunakan dollar.

praktek...praktek....praktek...
Perlu diperhatikan dalam menjalankan PTC ini

  1. hasilnya memang kecil (PTC luar negeri juga cuma membayar paling banter $0,02/klik) tapi ada cara agar hasilnya banyak..nanti kita bahas di comment
  2. 1 IP Addres= 1 Account. Sumpah ini penting banget. Saat mendaftar IP Addres internet anda akan tercatat di PTC dan sehingga orang lain tidak bisa mendaftar dengan IP address yang sama. dan jika anda menjalankan ini di warnet ingat 1 warnet diitung 1 IP address. baca Term Of Service untuk lebih jelasnya..karena salah-salah anda bisa dianggap curang dan akun anda dibaned tanpa anda sadari..hasilnya anda hanya membuang waktu dengan percuma..

Ok guys sekian dulu penjelasan saya... kita lanjutkan diskusi di comment.
Saya tidak ingin dan tidak mau anda merasa tidak nyaman dengan saya tag pada note ini. Jika anda merasa kurang suka dengan hal-hal beginian silakan remove diri anda sendiri dari tag ini. Dengan begitu juga membantu saya untuk fokus pada yang benar-benar berminat

Kunjungi Blog saya http://liputan60.blogspot.com

:-)

No comments:

Post a Comment